KPHL Madapangga dan Koramil-02/Bolo Lakukan Patroli Kawasan Hutan
Cari Berita

Pasang iklan

 

KPHL Madapangga dan Koramil-02/Bolo Lakukan Patroli Kawasan Hutan

Selasa, 20 September 2022

GERBANGNTB COM
BIMA - Jelang adanya aktivitas masyarakat dalam pembersihan lahan pengunungan dalam aktivitas penanaman jagung yang sebentar lagi dilakukan bersamaan dengan hadirnya musim hujan akan datang. Anggota KPHL waworada Madapangga, gandeng TNI dalam hal ini Personil yang ada di Koramil -02/Bolo. Untuk Lakukan operasi gabungan dalam mengamankan kawasan hutan lindung.

Operasi tersebut, guna mengawasi serta mengontrol langsung aktivitas masyarakat sehingga tidak memperlebar pembersihan lahan hingga ke kawasan hutan tutupan negara. 

" Hari ini kami dan anggota TNI dalam hal ini anggota Koramil-02/Bolo, turun lokasi, untuk lakukan patroli kawasan hutan. Hal ini karena memang tugas kami adalah mengamankan dan melindungi kawasan hutan sehingga tidak terjadi bencana banjir serta sumber air terjaga", ujar Kasi Perlindungan dan pengamanan Hutan KPHL Waworada Madapangga, Syahrul S. Hut. Pada Selasa (20/09/2022). 

Lanjut Syahrul, patroli dilakukan agar masyarakat tidak merusak atau membabat hutan melewati batas, sesuai yang sudah ditentukan, ", terangnya 

Syahrul, menjelaskan bahwa adanya keterlibatan Anggota TNI dalam hal ini, mengandeng personil Koramil-02/Bolo sesuai dengan MoU sebelumnya untuk sama- sama melakukan patroli gabungan guna menjaga kelestarian hutan, utamanya hutan tutupan negara katanya. 
Menurut Syahrul, terkait dengan hutan kawasan luar, merupakan tanggungjawab atau ranahnya Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup. Di situ adanya APL dalam menjaga mata air" Ranah kami dengan luas keseluruhan sebanyak 70.000 ha. Meliputi, wilayah Madapangga, Bolo, Woha, Belo, Monta dan Parado. 

Namun sambung dia, sesuai pal batasnya adalah 500 meter dari lahan pengelolaan masyarakat, "kalau masyarakat merambat hutan hingga batas tersebut, akan ditangkap dan di proses secara hukum," ungkapnya. 

Sementara Kapten Inf. Bambang Hermanto sangat merespon adanya kegiatan patroli bersama dalam menjaga hutan. Menurut, Danramil bolo yang baru saja beberapa hari menjabat tersebut, bahwa menjaga hutan sama hal nya menjaga keselamatan kehidupan masyarakat. Untuk itu, Bambang mengajak seluruh lapisan masyarakat yang ada untuk sama-sama libatkan diri dalam menjaga hutan.

" Menjaga dan melestarikan hutan, sama halnya kita menyelamatkan diri kita dari bencana alam serta terjaganya sumber mata air sebagai sumber kehidupan, tandasnya.

Pantauan langsung Media ini, sebelum melaksanakan tugas patroli, Anggota KPHL Madapangga dan Personil Koramil Bolo, lakukan apel pagi gabungan di halaman Koramil-02/Bolo. (GN/*)