Pemda Dompu Dapat Predikat Terbaik Sebagai Daerah Perlindungan Anak
Cari Berita

Pasang iklan

 

Pemda Dompu Dapat Predikat Terbaik Sebagai Daerah Perlindungan Anak

Kamis, 21 Juli 2022

 Foto; Ilustrasi

GERBANGNTB COM

Dompu. - Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat terus membuktikan diri sebagai daerah yang berkomitmen tinggi dalam masalah perlindungan anak sehingga layak untuk dicontoh oleh Kab/Kota lainnya di Indonesia.

Hal itu ditandai dengan pemberian penghargaan oleh Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) dengan kategori pemerintah daerah kabupaten yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak dan pelaporan Berbasis Aplikasi SIMEP (Sistim Informasi Monitoring Evakuasi dan Pelaporan) perlindungan Anak Tahun 2022.

Informasi ini disampaikan Kadis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A), Hj. Daryati Kustilawati, SE., M.Si, Rabu (20/0722) melalui aplikasi Watshap yang ditujukan kepada Bagian Prokopim Setda Dompu.

Menurut Kadis Hj. Daryati Kustilawati penghargaan tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil laporan Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak terkait Penyelenggaraan Perlindungan Anak melalui pengisian Aplikasi SIMEP PA Tahun 2022 dan hasil pengawasan berdasarkan Surat Nomor: 490/Sekrt-KPAI/05/2022 tentang Monitoring dan Evaluasi Penyelenggaraan Perlindungan dan Pemenuhan Hak Anak di Pemerintah Daerah Kabupaten.

Pengharagan yang dianugerahkan ditujukan KPAI kepada daerah Kab/Kota yang memiliki komiteman tinggi dalam hal perlindungan anak dengan memenuhi 4 (empat) kriteria yaitu: 1) Komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten terkait Perlindungan Anak; 2) Penilaian berdasarkan data dan Informasi serta skoring nilai melalui Aplikasi SIMEP terhadap penyelenggaraan Perlindungan Anak, meliputi Indikator Pemenuhan Hak Anak (PHA), Perlindungan Khusus Anak (PKA), Sistem Peradilan Pidana Anak (SPPA) dan Komisi Perlindungan Anak Daera (KPAD); 3) Inovasi kebijakan dan program terkait penyelenggaraan perlindungan anak; 4) Dampak, implementasi dari kebijakan/regulasi dan program yang lebih luas terhadap upaya penyelenggaraan perlindungan anak”, katanya.

Lanjutnya terkait dengan anugerah penghargaan dari KPAI tersebut terjadi peningkatan kinerja Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu dalam pelaksanaan Evaluasi SIMEP PA yang diselenggarakan KPAI Tahun 2022, Pasalnya Pada Anugrah KPAI Tahun 2021, Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu berhasil masuk sebagai Nominasi dalam Kategori yang sama, di Tahun 2022 ini Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu Masuk sebagai salah satu Pemenang dan menjadi bagian dari 10 Kabupaten di Seluruh Indonesia yang berhak menerima Penghargaan langsung pada Acara Anugrah KPAI Tahun 2022.

Sambungnya atas prestasi tersebut, Bupati Dompu Kader Jaelani dan Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT mengapresiasi kinerja Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak sebagai Leading Sektor Penyelenggara Perlindungan Anak di Kabupaten Dompu, seluruh OPD terkait, stake holder terkait dan sAPH serta Masyarakat Dompu yang memberi kontribusi dalam tahapan pelaporan dan evaluasi melalui Aplikasi SIMEP PA Tahun 2022.

“Sebagai Leading sector yeng melaksanaan tahapan pelaporan dan evaluasi SIMEP PA di Daerah dan atas anugerah penghargaan yang diperoleh menyampaikan apresiasi kepada KPAI karena telah menyelenggarakan Evaluasi dan pengawasan terhadap kinerja penyelenggaraan perlindungan anak di Daerah melalui evaluasi SIMEP PA setiap tahunnya”, sebutnya.

Berikutnya Kadis yang akrab disapa Umi Yat itu menyebut evaluasi Penyelenggara perlindungan anak SIMEP PA ini sebagai sarana untuk membenahi dan menata system pelaporan penyelenggaraan perlindungan anak, sehingga perbaikan dan inovasi dapat dilaksanakan secara berkelanjutan. 

“Untuk keberlanjutan dari berbagai program dan kegiatan perlindungan anak dan pemberdayaan perempuan, sinergitas dengan OPD dan stakeholder terkait tetap dapat dibangun dengan baik untuk dapat meningkatkan progres dalam setiap tahapan evaluasi” harapnya.

Diakhir penyampaiannya Umi Yati menjelaskan anugerah penghargaan dari KPAI tersebut akan diterima secara langsung oleh Wakil Bupati Dompu, H. Syahrul Parsan, ST., MT di Jakarta. 

“Penerimaan Penghargaan Anugrah dari KPAI akan diterima secara langsung oleh Wakil Bupati Dompu H. Syahrul Parsan, ST., MT, Kamis (21/07/22) di Hotel Red Top Jakarta didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak”, pungkasnya. 

Sumber;  Prokopim Sekda Dompu