Pemda Kabupaten Bima, Ajak Masyarakat Dengan Pola Hidup Melalui GERMAS
Cari Berita

Pasang iklan

 

Pemda Kabupaten Bima, Ajak Masyarakat Dengan Pola Hidup Melalui GERMAS

Kamis, 16 Juni 2022

GERBANGNTB COM

BIMA. - Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) Kabupaten Bima - NTB. Terus di galakan di wilayah Kabupaten Bima.  Program GERMAS ini melibatkan dan kerjasama dengan lintas sektor terkait , lembaga /organisasi kemasyarakatan , sekolah / lembaga pendidikan, pakar mengkampanyekan dan mendorong masyarakat dengan kesdaran dan kemauan untuk tercapainya masyarakat sehat di Kabupaten Bima, serta melakukan kegiatan kegiatan operasional berdasarkan tema GERMAS. 

Kegiatan tersebut, berdasarkan instruksi Bupati Bima Nomor : 440/017/06.2/2020, Tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas), sangat perlu disampaikan dimana Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dimaksud untuk mengubah pengelolaan kesehatan dari paradikma sakit menjadi paradikma sehat dengan kunci pengelolaan kesehatan pada peningkatan gaya hidup sehat.

Guna mempercepat Inplementasi GERMAS, di Kabupaten Bima ini, juga berdasarkan instruksi Presiden RI Nomor 1 Tahun 2017 dan Surat edaran Mentri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor : 51 Tahun 2017 Tentang Germas.

Selain itu pula, juga program tersebut disampaikan pula oleh Gubernur melalui surat edaran Nomor : 46 Tahun 2017.

Untuk membentuk masyarakat hidup sehat, perlu diberikan beberapa contoh yakni, kebiasaan makan sayur, dan buah dengan menambah menu buah disajian dalam setiap pertemuan dan wajib menyajikan menu tradisional yang sehat a tau buah buahan local serta mengurangi penggunaan terigu , beras dan produk turunanya sebagai sumber karbohidrat.

Kemudian dari itu , juga melakukan kegiatan olah raga bwrsama secara rutin, melaksanakan tes kesehtan secara berkala, menerapkan kawasan tampa rokok , menerapkan prokes Covid 19, mengawasi keamanan dan mutu pangan segar yang tidak mengadung pestisida, memperbanyak konsumsi ikan, mendorong sarana dan fasilitas perhubungan yang aman dan nyaman, mendorong kemitraan masyarakat untk membangun dan memanfaatkan bak sampah , serta melakukan diseminasi onformasi layanan masyarakat terkait perilaku hidup bersih dan sehat.(GN/01)