Dikes Kabupaten Bima Dorong Wujudkan GERMAS Ditengah Masyarakat
Cari Berita

Pasang iklan

 

Dikes Kabupaten Bima Dorong Wujudkan GERMAS Ditengah Masyarakat

Kamis, 16 Juni 2022

FOTO:  Bupati Bima saat Deklarasi Program GERMAS. (dok) 

GERBANGNTB COM
BIMA. - Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat  (GERMAS) merupakan Pola hidup bersih dan sehat menjadi kunci menekan penyebaran berbagai penyakit. Hal ini langkah Dinas Kesehatan Kabupaten Bima dalam meminit atau mengurangi terjangkitnya berbagai penyakit di tengah masyarakat saat ini. 

Tentunya dalam mewujudkan GERMAS, melalui Pemerintah Daerah Kabupaten Bima berharap adanya peningkatan dukungan dalam hidup ditengah masyarakat yakni,  peningkatan Edukasi hidup sehat, peningkatan kualitas lingkungan, peningkatan pencegahan dan deteksi dini penyakit, penyediaan pangan sehat dan percepatan perbaikan gizi, peningkatan prilaku hidup sehat serta peningkatan aktivitas visik.

Sementara dalam tugas sektor kesehatan dalam GERMAS, perlu di lakukan Advokasi dan peminaan perwujudan kawasan sehat, penggalangan kemitraan dan peran serta masyarakat , kampanye GERMAS dan edukasi masyarakat, deteksi dini penyakit menular dan tidak menular, dan menyediakan fasilitas pelayanan yang bermutu. 

Sedangkan dari pihak Kementrian kesehatan sendiri, kegiatan utama GERMAS tersebut yakni melaksanakan kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat serta meningkatkan advokasi dan pembinaan daerah dalam pelaksanaan kebijakan Kawasan Tampa Rokok (KTR). Selain itu juga sangat diperlukan adanya peningkatan pendidikan memgenai gizi seimbang dan pemberian air susu ibu (ASI), eksklusif, serta aktivitas visik.

Dan disamping itu pula juga diperlukan untuk meningkatkan pelaksanaan deteksi dini di tingkat instasi pemerintah dan swasta. (GN/01).