Agar Petani Cerdas Buat Pupuk Organik, Koramil-02/Bolo Kodim 1608/Bima Terapkan Ilmunya Pada Petani Desa Sanolo
Cari Berita

Pasang iklan

 

Agar Petani Cerdas Buat Pupuk Organik, Koramil-02/Bolo Kodim 1608/Bima Terapkan Ilmunya Pada Petani Desa Sanolo

Jumat, 17 Juni 2022

GERBANGNTB COM
BIMA. - Koramil - 02/Bolo Kodim 1608/Bima Gelar Sosialisasi Pembuatan Pupuk Kompos, Pupuk Organik Cair (POC) dan Pestisida. Kegiatan tersebut, berlangsung di depan Kantor Desa Sanolo, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, dengan jumlah petani desa sanolo, kurang lebih 25 orang. Jumat (17/6/2022). Pagi. 

Tujuan kegiatan dari pihak Kodim 1608/Bima tersebut, sebagai langkah altenatif kedua untuk mengatasi kelangkaan dan mahalnya pupuk non organik dan obat-obatan berbahan Kimia. 

" Kegiatan sosialisasi ini, kita lakukan merupakan program dari pimpinan, agar masyarakat paham dan mampu menciptakan Pupuk sendiri, dalam hal ini, cara membuat pupuk organik, " terangi Danramil 1608-02/Bolo, pada Media Gerbangntb com di lokasi kegiatan. 

Kata Danramil Bolo, langkah ini selain sangat praktis di buat, karena bahan bakunya mudah didapat dan di gunakan, harga pembuatannya juga relatif murah. Yang barang tentu berdampak pada sehatnya lahan, karena dapat mengembalikan unsur-unsur hara tanah pertanian. Yang selama ini rusak, tanah menjadi keras akibat terbiasanya mengunakan pupuk berbahan kimia, terangnya. 

Danramil Bolo ini beharap, usainya diberikan sosialisasi tatacara pembuatan kompos cair dan pestisida organik ini, masyarakat dapat langsung praktek di rumah masing-masing bersama anggotanya. 

Kegiatan sosialisasi bersama puluhan petani Desa Sanolo tersebut, menghadirkan, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Desa Sanolo, Muhfli SP, serta anggota Koramil 1608-02/Bolo.
Sertu imam, bagian paparan cara membuat Kompos cair (POC) dan Serka Adnani memaparkan tata cara pembuatan pestisida Organik cair. (GN/01*)