Stabilkan Harga Komoditi, Pemda Kab. Dompu Lakukan MOU dengan Bulog Pusat
Cari Berita

Pasang iklan

 

Stabilkan Harga Komoditi, Pemda Kab. Dompu Lakukan MOU dengan Bulog Pusat

Minggu, 22 Mei 2022

GERBANGNTB COM

DOMPU. - Produksi jagung yang dihasilkan petani di daerah  yang bermotokan Nggahi Rawi Pahu ini setiap tahunnya melimpah namun harga komoditi yang dihasilkan dirasakan belum stabil sehingga untuk mendapatkan harga yang stabil dan sesuai harapan para petani jagung kerap mengeluhkannya.

Melihat kondisi tersebut Bupati dan Wakil Bupati Dompu, Kader Jaelani dan H. Syahrul Parsan, ST., MT atau yang akrab dikenal AKJ-SYAH, tidak tinggal diam, berbagai upaya dilakukan oleh kedua pemimpin daerah ini diantaranya melakukan berbagai komunikasi dan koordinasi dengan pemerintah atasan baik di tingkat Pusat maupun dengan Pemerintah Provinsi NTB.

Walau upaya yang dilakukan kedua pemimpin daerah ini banyak mendapat kecaman bahkan kritikan tidak membuatnya berhenti berupaya untuk mensejahterakan masyarakatnya, dengan satu tekad dan semangat apa yang diupayakan memberikan dampak yang baik dan positif bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Apa yang dilakukan AKJ-SYAH untuk mensejahterakan para petani di daerah yang dipimpinnya dengan memfasilitasi ke berbagai pihak agar harga jagung bisa stabil  membuahkan hasil, Sabtu (21/05/22) sekitar pukul 10.30 Wita – Selesai di Aula Pendopo Bupati Dompu dilakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan kerjasama (MOU) antara Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu dengan Badan Usaha Logistik (Bulog) Pusat.

Dalam penandatanganan MOU dimaksud Pemda Kabupaten Dompu diwakili  Bupati Dompu, Kader Jaelani dan Bulog Pusat diwakili Direktur Bisnis, Febby Novita yang dalam kesempatan itu juga ikut menandatangani MOU Pimpinan Cabang BRI Dompu, Perusda dan Gapoktan.Bupati Dompu, Kader Jaelani dalam sambutannya dikegiatan ini menyampaikan rasa bahagianya setelah berbagai ikhtiar yang dilakukannya bersama jajaran terkait dalam mengupayakan kestabilan harga bagi berbagai komoditas pertanian utamanya jagung.

Sambungnya MOU yang ditandatangani tersebut sebagai upaya bersama untuk melakukan kerjasama dalam rangka mendukung program kedaulatan pangan nasional

“Saya merasa berbahagia dengan ditandatanganinya MOU hari ini, penandatanganan ini tentunya berdampak besar bagi para petani jagung dengan kehadiran Bulog yang juga ikut ambil bagian membeli jagung petani dengan harga yang lebih tinggi dari perusahaan lainnya”, ucapnya.

Lanjut Bupati AKJ MOU yang ditandatangani tersebut menjadi bentuk komitmen Pemda Kabupaten Dompu untuk membuat kesepakatan menandatangani perjanjian kerjasama pengembangan dan penjualan komoditi jagung`

Sambungnya MOU yang ditandatangani tersebut sebagai upaya bersama untuk melakukan kerjasama dalam rangka mendukung upaya pemerintah mendukung kedaulatan pangan nasional`

Berikutnya dimomen ini juga Bupati AKJ menyampaikan tujuan dilakukannya penandatangan MOU dengan Bulog. Disebutkannya adapun tujuan dari penandatanganan MOU tersebut adalah Pertama terwujudnya partisipasi BUMN dalam mendukung program pemerintah untuk menciptakan kedaulatan pangan nasional, Kedua memberikan kepastian pasar, harga dan suplai jagung bagi ppara pihak dan Ketiga sebagai sarana rekomendasi beberapa pihak untuk mengajukan kredit permodalan usaha bagi para petani jagung.

“Mengingat kerjasama ini sangat penting dalam pengembangan dan keberlanjutan komoditi jagung di daerah ini kami sangat berharap kepada semua pihak agar mentaati dan mematuhi segala ketentuan dalam nota kesepakatan yang telah ditandatangani”, terangnya.

Ditambahkannya MOU yang telah ditandatangani nantinya akan dapat meningkatkan kualitas dan kuatitas panen, ada acuan harga pembelian, ada gudang penyimpanan jagung, terlaksananya produksi jagung sesuai dengan ketentuan perkreditan dan ada yang mengkoodinir budidaya komoditas jagung sesuai wilayah tanam.

Diakhir penyampaiannya Bupati AKJ menyampaikan harapan agar apa yang telah diikhtiarkan ini dapat memberikan berita gembira kepada para petani jagung daerah ini sehingga dalam mengupayakan jagungnya mereka memiliki pengharapan yang baik tentang harga komoditas jagungnya.

“Saya berharap apa yang telah dilakukan hari ini memberikan dampak yang baik bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan bagi para petani jagung di daerah ini”, tuturnya mengakhiri penyampaiannya.

Disela waktu Pimpinan Wilayah Bulog Provinsi NTB, Abdul Muis Sayyed Ali, dalam amanat singkatnya menyampaikan kehadiran Bulog akan menjadi stabilisator dalam penentuan harga komoditi jagung dan juga akan menjadi pemimpin harga jagung diantara perusahaan jagung yang ada.

“Kehadiran Bulog akan memberikan dampak yang baik bagi para petani dimana dalam hal ini Bulog akan berperan sebagai stabilisator harga dan juga akan menjadi pemimpin harga pembelian diantara perusahaan-perusahaan yang telah menjadi mitra para petani dalam menjual hasil jagungnya”, Sebut Abdul Muis Sayyed Ali menegaskan.

Lanjutnya untuk mendapatkan harga yang juga relatif baik kepada para petani jagung Abdul Muis Sayyed Ali juga menyampaikan agar dapat menjaga kualitas jagung yang dihasilkan karena dalam penentuan harga pembelian faktor kualitas dan kadar air komoditas jagung ikut berpengaruh.

“Untuk mendapatkan harga yang sesuai dengan harapan para petani jagung juga harus memperhatikan kualitas jagung yang dihasilkannya, kualitas jagung baik dalam hal kadar air dan lainnya juga berpengaruh pada harga pembelian oleh perusahaan”, tuturnya mengingatkan para 


Berikutnya Direktur Bisnis Bulog Pusat, Febby Novita menyampaikan untuk menyerap jagun para petani Kabupaten Dompu dan sekitarnya Bulog Pusat telah membangun gudang jagung dengan skala besar yang berlokasi di Desa Kampasi Meci Kecamatan Manggelewa Kabupaten Dompu Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Fasiltas gudang yang dibangun itu menurut Febby Novita sebagai salah satu upaya pemerintah pusat dalam hal ini Bulog untuk memberikan dukungan kepada para petani jagung untuk dapat menjual dan menikmati hasil jagungnya sesuai dengan harga yang disepakati.

“Di gudang yang dibangun tersebut kami akan menampung produkstivitas jagung para petani daerah ini dan sekitarnya dan kemudian dalam waktu dekat Bulog juga akan mulai menyerap jagung para petani”, katanya.

Selanjutnya diakhir penyampaiannya Febby Novita menyampaikan harapan kepada Pemda dan masyarakat Dompu agar fasilitas gudang yang telah dibangun Bulog untuk menampung dan membeli jagung para petani dapat dijaga keberadaannya sehingga dapat berfungsi dan memberikan manfaat jangka pajang bagi para petani.

“Saya berharap kepada kita semua utamanya masyarakat Kabupaten Dompu untuk ikut menjaga keberadaan fasilitas gudang yang sudah dibangun Bulog di Desa Kampaci Meci sehingga dapat dimanfaatkan dalam waktu yang lama”, pintanya.

Ditambahkannya dengan keberadaan gudang jagung yang dibangun Bulog tersebut akan memberikan dampak ikutan yang luas di sektor lainnya dan hal ini tentu saja berpengaruh bagi peningkatan pergerakan perekonomian Kabupaten Dompu, Provinsi NTB dan juga secara nasional.

Dalam kesempatan ini juga Pemda Kabupaten Dompu bersama Bulog Pusat juga menjajaki kemungkinan dibangunnya Modern Rice Milling Plan (MRMP) atau Penggilingan Beras Modern, dalam hal ini Pemda Dompu menawarkan lahan seluas 4,5 Haktar yang berlokasi di Kelurahan Monta Baru Kecamatan Woja sebagai lahan MRPM berikutnya dilakukan tinjuan lapangan atas lokasi dimaksud oleh Pihak Bulog dalam hal ini Bupati Dompu didamping Sekda dan Kadis Pertanian dan Perkebunan, Direktur Bisnis Bulog, Pimpinan Wilayah Bulog NTB, Pimpinan Wilayah Bulog NTB, Pimpinan Wilayah Bulog Bima-Dompu dan pejabat lainnya


Menurut Sekda Dompu, Gatot Gunawan PP, SKM., M.M.Kes keberadaan MRMP tersebut akan sangat membantu para petani petani padi daerah ini untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraannya, dengan manfaat yang besar tersebut kita sangat berharap sarana penting dan modern dalam pengelolaan dan pengembangan komoditas padi tersebut dengan segera dapat disetujui untuk dibangun di daerah ini.

“Untuk membangun MRPM tersebut Pemda Dompu telah menyiapkan lokasi seluas 4,5 Hektar di Kelurahan Monta Baru Kecamatan Woja dan penyiapan lahan tersebut telah ditinjau secara langsung oleh pihak Bulog seusai penandatanganan MOU pembelian jagung oleh Bulog”, jelasnya.

Ditambahkan Sekda untuk kehadiran MRPM yang perannya sangat besar bagi peningkatan pendapatan dan kesejahteraan para petani padi tersebut mari kita doakan bersama untuk kemudahannya semoga tidak ada kendala yang menghambatnya.

Kegiatan penandatanganan MOU pembelian dan penyerapan komoditi jagung oleh Bulog yang dilanjutkan dengan peninjauan lokasi pembangunan MRMP dan gudang penyerapan komoditi jagung di Desa Kampaci Meci berjalan aman, tertib dan lancar yang dalam acara pembukaan penandatangan MOU dihadiri oleh Bupati Dompu, Sekda Dompu, Wakil Ketua DPRD, Pejabat yang mewakili Kapolres Dompu, Pejabat yang mewakili Dandim Dompu, Direktur Bisnis Bulog, Pimpinan BRI Cabang Dompu, Perusda, Gapoktan dan unsur lainnya. 


Sumber : (Prokopim)