Lahan Tempat Buang Sampah, Desa Nggembe Sulap Jadi Taman Hortikultura
Cari Berita

Pasang iklan

 

Lahan Tempat Buang Sampah, Desa Nggembe Sulap Jadi Taman Hortikultura

Kamis, 09 Juli 2020

Foto : Lahan dipenuhi sampah di sulap menjadi Kebun Hortikultura Desa Nggembe.

GERBANGNEWS NTB
Bima. - Lahan seluas Enam (6) Are di sebelah barat kantor Desa Nggembe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima NTB yang selama puluhan tahun ini menjadi tempat pembuangan sampah bagi masyarakat desa setempat. Namun hari ini lahan tersebut disulap menjadi lahan taman Holtikultura (sayur sayuran).

" Disamping adanya nilai kebersihan lingkungan kantor desa, lahan tersebut kita manfaat untuk menanam jenis tanaman hortikultura (sayur mayur), hal ini tidak saja bernilai ekonomis bagi keluarga seluruh staf desa. Tapi tanaman ini bernilai kesehatan karena ditanaman mengunakan pupuk kompos/organik, " Ungkap Kepala Desa Nggembe, Yusuf Azis pada Media ini di halaman kantor desa setempat pada Rabu (9/7).
Foto : saat proses penanaman. 

Menurutnya, lahan yang dekat jalan provinsi NTB tersebut, sudah puluhan tahun tidak produktif,  lantaran di biarkan begitu saja, tanpa ide cemerlang, hingga oleh masyarakat dimanfaatkan untuk membuang sampah.

Menurut Kades,  dalam pengelolaan lahan tersebut, hasil dari swadaya dari seluruh staf pemerintah Desa.

 " Semuanya terwujud berkat dukungan dan sport dari semua staf desa yang ada. Dan hasilnya kita nikmati bersama,  paling tidak dengan adanya kebun sayur tersebut lanjut Kades dapat mengurangi biaya ekonomi keluarga. Kalau kita hitung secara ekonomisnya, satu hari saja untuk belanja sayur mayur kita akan habiskan uang Rp5000.

 Nah kalau dikalikan dengan 30 hari artinya kita keluarkan uang untuk kebutuhan sayur tersebut sampai Rp150. 000. Artinya dengan kita membudayakan menanam sayur sayuran tersebut, kita mampu meminit pengeluaran kebutuhan keluarga dalam satu . Tuturnya.
Foto ; saat proses pesemian tanaman.

Dan kedepannya pemerintah Desa akan terus berupaya memaksimalkan lahan tersebut hingga mampu memberi dampak ekonomi yg luar biasa bahkan di jadikan lahan produktif hingga mampu menambah Pendapatan Asli Desa kedepannya.

Sebab,  sambung Kades bibit yang digunakan merupakan varietas unggul, seperti cabe dengan berbagai jenis varietas yang mampu kita jual secara free market dengan harga yang menjanjikan. Pungkasnya. (GN01**)

Foto : bibit tanaman


Rencana hasil tanaman yang akan di pasarkan dalam bentuk pot, guna mendongkrak PAD Desa Nggembe