Pesona Danau Dam Diwu Moro Saat ini Jadi Incaran Wisatawan Domestik, KPLH Bima Lakukan Bansos
Cari Berita

Pasang iklan

 

Pesona Danau Dam Diwu Moro Saat ini Jadi Incaran Wisatawan Domestik, KPLH Bima Lakukan Bansos

Minggu, 07 Juni 2020

KPLH Bima saat berada di Lokasi Danau Dam Diwu Moro. Foto ; Dae Eldan.


GERBANGNEWS NTB
Bima. - Pesona Danau Dan Diwu Moro, rupanya akhir ini menjadi incaran bagi pariwisata Domestik (Lokal) akhir akhir ini. Terbukti banyak warga netizen menviralkan saat berkunjung di lokasi tersebut.

Danau Bendungan Dam Sumi yang berlokasi di wilayah Desa Mangge, Kecamatan Lambu Kabupaten Bima NTB tersebut, memang saat ini lagi tren dan diburu oleh para wisatawan lokal, dan bisa dijadikan aset pariwisata daerah. Namun perlu kita sayangkan lokasi tersebut masih perlu ditata dan dipoles sehingga terlihat asri dan bersih.

Untuk itu perlu adanya perhatian Pemerintah khususnya Dinas terkait. Sebab, hingga saat ini lokasi sempat masih berserakan sampah serta semak belukar, apa lagi pasca hujan air banyak tergenang di seputaran lokasi.

Disisi lain, lokasi tersebut, rupanya dilirik oleh Komunitas Peduli Lingkungan Hidup (KPLH) Bima dengan mengelar kegiatan Bhakti Sosial (Bansos). Perhatian dari KPLH Bima sangat serius, bahkan dalam kegiatan pembersihan lokasi tersebut harus nginap atau Camping. Seperti dilakukan pada hari Minggu pagi (07/06/2020)

" Kami namakan kegiatan hari ini adalah "Camping Bersih, " bahkan kegiatannyapun kita lakukan sejak kemarin sore (Sabtu, 06/06 red), dengan membangun tenda dan bermalam (Camping). Hal ini dilakukan sekalgus guna melihat keadaan disekitar lokasi yang masih alami, namun sayangnya hasil pantauan kami masih banyak berserakan sampah di sepanjang area danau, akhirnya pagi hari kamipun merencanakan untuk membersihkan, " terang Amirullah selaku Ketua KPLH Bima, disela sela kegiatan pembersihan lokasi sempat pada awak Media ini.

Lanjut dia, adapun tujuan kami agar tempat wisata baru ini lebih bersih dan menyejukkan dan berikan kenyamanan bagi wisatawan yang kian hari banyak berkunjung.

"Kebersihan, kesejukan dan kenyamanan merupakan hal paling penting dalam dunia pariwisata, hal ini menjadi daya tarik bagi para wisatawan itu sendiri. " Terang pemuda asli Desa Sumi-Lambu tersebut.

Lebih lanjut dia menuturkan, bahwa dalam kegiatan itu kami juga mengajak sekaligus menghimbau wisatawan dari anggota PLN Cabang Sape, pemuda Kota Bima, pemuda Desa Simpasai yang juga bermalam (Camping) bersama kami untuk berbarengan tangan membersihkan area sekitar danau.

"Alhamdulillah mereka merespon dengan baik dan mau bersama-sama dengan kami untuk bergotong royong membersihkan area danau" Tutur pemuda yang juga sebagai Redaktur di salah satu media di Bima ini. Pungkasnya.

Sementara Sekertaris KPLH Bima, Anas Hardiansyah didampingi oleh salah satu, anggota, Khairul Muaidib berharap semoga apa yang kami lakukan ini dapat di ikuti oleh anggota lainnya yang saat ini belum sempat bergabung.

Juga sambungnya, para pemuda, lebih khususnya pengunjung yang hadir untuk tetap menjaga kebersihan lokasi. Selain itu, perhatian dari pemerintah utamanya Dinas terkait untuk dapat memperhatikan lokasi Dam Diwu Moro ini sangat diperlukan untuk dipoles sedemikian rupa, sehingga pesona Danau Dam Diwu Moro ini nampak indah di pandang dan juga bisa menghasilkan PAD. Sebab, lokasi ini sudah banyak digemari oleh para wisatawan lokal saat ini.

Dengan begitu kata dia, akan menjadikan tempat wisata kebanggaan kita bersama yang tetap terjaga kebersihannya, kesejukannya dan kenyamanannya, sehingga dapat dinikmati oleh anak, cucu kita kelak. Harapnya

"Kalau suka keindahan, maka harus jaga kebersihan, SalamLestari, Salam Pesona Dana Mbojo ". Tutupnya. (Eldan*)