Kurniawan : Budidaya Madu Citra Lestari Desa kawinda To’i Dapat Menjadi Tameng Keutuhan Hutan
Cari Berita

Pasang iklan

 

Kurniawan : Budidaya Madu Citra Lestari Desa kawinda To’i Dapat Menjadi Tameng Keutuhan Hutan

Sabtu, 18 Januari 2020

Acara Sosisialisasi Budidaya Madu Citra Desa Kawinda To'i. foto ; YAdin.

Gerbangnewsntb.id
Bima. – Kegiatan budidaya Madu Citra Lestari oleh kelompok masyarakat Desa Kawinda To’i Kecamatan Tambora Kabupaten Bima diharapkan mampu menjadi tameng atau pelindung untuk keutuhan kelesteraian hutan. Demikian yang disampaikan oleh salah satu pegawai Taman Nasional (TN) Tambora Adi Kurniawan saat menghadiri acara sosialisasi di Kantor Pemerintah Desa setempat pada hari Jum’at (17/1/2020).

Dalam paparanya, Adi Kurniawan memberikan apreasi atas kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat desa setempat yang mampu membaca peluang pasar dalam mengembangkan madu alam, “ kegiatan ini sangat bagus dalam peningkatan ekonomi masyarakat, apa lagi hutan tambora memiliki segala macam jenis tanaman yang sangat cocok untuk mengembangkan madu disamping itu, masyarakat juga secara tidak langsung dapat menjaga lingkungan hidup, ” ujarnya.

Disamping itu, Adi menghimbau kepada peserta yang hadir dalam hal ini, Pemerintah Desa setempat, anggota BPD, KPA serta perwakilan kelompok budidaya madu citra lestari desa setempat, untuk selalu menjaga keutuhan hutan, seba, wilayah tambora merupakan kawasan Taman Nasional (TN) yang juga perlu dijaga bersama disamping kelanjutan pengembangan budidaya madu. Tandasnya.

Salah satu warga setempat, M. Yusuf Amin. Menjelaskan bahwan budidaya Madu Citra Lestari ini adalah bagian dari Aset Desa kawinda To’i yang harus dikembangkan secara berkelanjutan dalam peningkatan ekonomi masyarakat itu sendiri. Untuk itu, menjaga dan merawat lingkungan serta kelestarian hutan sangat penting dan menjadi tanggungjawab kita bersama sehingga kemakmuran masyarakat dapat tercapai. “ Kalau bukan kita menjaga lingkungan hutan ini siapa lagi,” pungkasnya. (GN. 04)