Mancing Daya Tarik Minat Baca Siswa, Bupati Dompu Rancang Inovasi Belajar Di Alam Terbuka
Cari Berita

Pasang iklan

 

Mancing Daya Tarik Minat Baca Siswa, Bupati Dompu Rancang Inovasi Belajar Di Alam Terbuka

Jumat, 08 November 2019

Bupati Dompu (HBY) saat pose bersama dengan para siswa SD disela sela kegiatan belajar di luar kelas. (foto : hms).



GERBANGNTB.ID
Dompu,. - Bupati Dompu, Drs. H. Bambang M. Yasin, memberikan apresiasi atau atensi yang positif terlaksananya kegiatan "Sehari Bersama Anak, di Luar Kelas" atau di alam terbuka dalam rangka menyambut Hari Anak Tingkat Internasional, yang diadakan secara serentak di seluruh Indonesia, Kamis (07112019).

Kegiatan dikoordinir oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak-anak Republik Indonesia, pada beberapa sekolah yang ditunjuk.

Kegiatan "Sehari Bersama Anak di Luar Kelas", yang dilaksanakan oleh Kementerian dan Lembaga atau Badan terkait, seperti Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Kesehatan, dan Badan Penanggulangan Bencana Nasional, yang dikoordinir oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia.

Kegiatan dimaksud, menurut HBY, sebagai perhatian yang penting dari pemerintah atas masalah tumbuh kembang dan penyediaan berbagai informasi yang sangat dibutuhkan oleh anak dan remaja.

Dalam kegiatan ini, disamping anak dan remaja, untuk dapat menikmati aktivitas diluar kelas sambil bermain, juga akan mendapatkan informasi penting berkaitan dengan pengembangan karakter, masalah kesehatan, hak-hak atau pun kewajiban bagi anak remaja, notifikasi bencana dan berbagai informasi penting lainnya yang butuhkan oleh anak remaja.

Di Kabupaten Dompu, kegiatan "Sehari Bersama Anak di Luar Kelas" dikoordinir oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah, Kementerian Agama Kabupaten Dompu, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah.

Sebagai bentuk apresiasi atau atensi atas kegiatan dimaksud, Bupati Dompu, langsung menginstruksikan Jajaran Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten, dengan berkoordinasi dengan OPD lainnya, untuk merancang kegiatan pembelajaran yang dapat memancing tumbuh dan kembangnya minat baca bagi masyarakat Kabupaten Dompu, tidak terkecuali bagi anak dan remaja.

HBY, sarankan, untuk dapat memancing minat membaca tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Dompu, dapat memanfaatkan areal diluar ruangan atau diluar gedung perpustakaan.

Penggunaan areal diluar ruangan atau diluar gedung perpustakaan yang ada, memberikan dampak yang efektif bagi peningkatan minat membaca masyarakat, jelas HBY.

Untuk meningkat produktivitas dan kreativitas bagi masyarakat, dibutuhkan inovasi program dan kegiatan, tidak hanya cukup dengan berbagai program dan kegiatan yang sudah dilakukan sebelumnya, termasuk dalam hal memanfaatkan area diluar ruangan atau gedung.

Berbagai upaya yang telah diperbuat, kita berharap mudah-mudahan dapat tumbuh generasi muda bangsa dan daerah yang disamping bisa survive dengan berbagai perubahan yang terjadi, juga dapat menjawab berbagai tantangan kehidupan yang berkembang, demikian penjelasan Kasubag Humaspro Setda Dompu, Firman syah dalam rilisnya yang dikutip oleh media ini.  (G. NTB**).