Bupati Bima, Buka dan Lepas NTB Ramah Trail Adventure
Cari Berita

Pasang iklan

 

Bupati Bima, Buka dan Lepas NTB Ramah Trail Adventure

Sabtu, 22 Desember 2018

Bupati Bima didampingi Kapolres Bima, Sultan Bima(M.Ferriyandi Putra SIP), Kadis Pariwisata dan Camat Bolo. Saat melepas Tim Trabase di Paruga Na'e Bolo. (foto: Ory).

BIMA.Gerbangntb.com.—Bupati Bima NTB, Hj. Indah Dhamayanti Putri SE. Membuka serta melepas peserta tim Trabase Raider yang terangkum dalam “NTB Trail Adventre”, kegiatan tersebut, juga dirangkaikan dengan menyambut hari jadi ke 60 NTB. Ada Empat poin utama yang menjadi sasaran dalam kegiatan Trabase Raider yaitu, lebih awal pada Pukul 06.00 Wita, Senam Kebugaran bersama masyarakat, pengobatan gratis, sunat massal serta gerakan penghijauan. Kegiatan itu, dipusatkan di Paruga Na’e, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima. Pada hari Sabtu (22/12).

Kegiatan Trail Adventure sendiri melibatkan sebanyak 650 Club Trabase Raider se-NTB, disamping itu, juga dimeriahkan oleh Club Trabase Raider dari perwakilan dari Jakarta dan Jawa, Bali serta Club dari perwakilan NTT.

Ketua Panitia, Muhammad Ferriyandi Putra SIP. Dalam paparanya mengatakan, kegiatan yang dilakukan dalam rangka menyambut hari jadi ke 60 NTB, kegiatan tersebut, di isi dengan kegiatan Trabase Raider yang diwujudkan dengan slogan “NTB Ramah Trail Adventure”. Dikatakan, kegiatan ini, diikuti oleh sebanyak 75 Club, dengan 650 orang peserta se – NTB, selain itu, juga kami hadirkan peserta perwakilan dari Jakarta dan jawa, Bali serta perwakilan dari daerah NTT, terangnya.

Lanjut dia, tujuan kegiatan Trabase Raider itu sendiri, tiada lain untuk menjelajah alam serta melihat secara dekat potensi keindahan alam Kabupaten bima, khusunya wilayah timur bima, sehingga rekan-rekan tim trabase yang ada diluar Kabupaten Bima dapat mengetahui langsung bagaimana medan serta titik-titik objek wisata wilayah bima timur, selain itu, juga untuk mempererat tali silaturahmi antara sesama tim, sebab tim Trabase Raider mempunyai motto tersendiri, yaitu, “Bersaudara tapi tidak Sedarah” dalam artian walaupun kita tidak dalam satu darah atau keturunan, melalui ivent inilah rasa senasib dan seperjuangan akan terlahir dengan sendirinya, satu sakit makan sakitlah semuanya, itulah kami, selalu kompak dalam satu tujuan”, terangnya.

 Dijelaskan, Tim Trabase Raidaer nantinya akan menempuh jarak sepanjang  120 km, yang dimulai/star dari Paruga Na’e Bolo, menuju Desa Tumpu, dari cabang dua desa setempat, kemudian belok kiri masuk mengikuti jalan ekonomi tembus sampai Desa Kamunti Kecamatan Donggo, di Desa Kamunti tim trabase akan melakukan kegiatan penanaman pohon kemiri serta pohon kopi dengan jumlah kurang lebih 2500 pohon yang dilakuka secara simbolis oleh masing-masing para ketua Club Trabase. Ujarnya.

Lanjut dia, usai penanaman tim trabase bergeser kearah Desa Kala, Kecamatan Donggo,  berlanjut menyelusuri sungai wilayah tolonggeru-donggo. Kemudian keluar menuju sebelah barat Gudang Bulog diwilayah Kecamatan Madapangga dan menuju Kantor Kecamatan Madapangga untuk melakukan kegiatan hiburan untuk masyarakat setempat dengan atraksi motor tanjakan berhadiah serta dilanjutkan dengan makan siang bersama di area Kantor Kecamatan setempat, katanya.

Usai istrahat dan makan siang, tim trabase kemudian bergeser melewati jalur menuju Desa Campa- Madapangga kemudian putar ke arah timur melewati area persawahan hingga memasuki wilayah Desa Sanolo, Kecamatan Bolo, di desa setempat tim trabase kemudian belok kiri menuju Desa Rasabou dan keluar melewati sungai Desa Tambe dan kembali ke titik star atau finish di Paruga Na’e Bolo. Demikian beberapa rangkaian kegiatan serta route tim Trabase Raider, beber ketua Panitia yang juga seorang putra penerus mahkota kerajaan bima ini.

Sebelumnya, Bupati Bima, dihadapan Kapolres Bima, jajaran OPD Kabupaten Bima serta sejumlah Tim Trabase Raider yang hadir berpesan, agar para peserta trabase yang akan melakukan jelajah wilayah sesuai routenya, melalaui wilayah Kecamatan Bolo, Kecamatan Donggo dan Kecamatan Madapangga. Untuk itu, utamakan keselamatan dan keamanan dijalan, tunjukkan sikap yang santun dan berikan asas manfaat kepada masyarakat, yang ada disekitar medan yang kalian lalui, ujarnya.

Selain itu, Bupati Bima juga berikan apreasi kepada para tim trabase yang ada diluar wilayah bima, “ kehadiran para peserta trabase yang ada diluar wilayah bima, merupakan suatu penghargaan bagi kami, oleh karena itu, selamat datang dan kami atas nama pemerintah daerah mengucapkan banyak terima kasih”, ucapnya.

Bupati Bima juga mengingatkan, tentunya, kegiatan yang dilakukan pada hari ini bukan saja menjelajah alam bima, namun juga akan melakukan kegiatan penanaman pohon di Desa Kamunti, Kecamatan Donggo. “Berbaurlah dengan masyarakat setempat dalam penanaman pohon tersebut, sehingga masyarakat setempat juga akan bertanggung jawab serta ikut menjaga dan memelihara pohon yang kalian ditanam”, imbuhnya.

Salah satu panitia Trabase Raider yang biasa disapa Ruma Rengge, yang ditemui dilokasi menambahkan, Sebelum tim Trabase Raider melaksanakan kegiatanya, terlebih dulu diawali kegiatan senam kesegaran masyarakat, mulai sekira pukul 06.00 Wita. Serta kegiatan Donor Darah yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. Dikatakan juga, terkait dengan kegiatan NTB Ramah Trail Adventure  Jelajah Alam Bima (JAB), kata dia, bukan sekedar ingin menunjukkan hura-hura semata, namun banyak kegiatan positif yang mengisi dalam setiap ivent kegiatan dilakukan untuk masyarakat, “ kegiatan ini bukan eforia semata, akan tetapi banyak hal yang dilakukan, selain menjelajah alam bima, kami juga isi dengan berbagai kegiatan yang menyetuh langsung dengan sosial kemasyarakatan lainya”, ujarnya.

Kata dia, kegiatan semacam ini, tidak hanya dilakukan diwilayah bagian barat wilayah bim, juga sebelumnya melakukan hal yang sama diwilayah timur bima. Lanjut dia, kegiatan ini kami lakukan setahun sekali,bahkan dua sampai tiga sekali setahun, “baru-baru ini saja, kami melakukan kegiatan yang sama diwilayah seputaran bima bagian timur, bahkan wilayah Sumbawa tak luput dari kegiatan tersebut bahkan sampai diwilayah jawa tim trabase bima pernah menginjakan kaki”, katanya.

Sambungnya, sehingga tidak heran bagi tim Trabase Bima saat ini, selalu di ancungi jempol oleh Tim Trabase luar wilayah bima, sebab, setiap ada ivent semacam itu, Tim Trabase Bima tidak pernah ketinggalan dalam mengikuti berbagai kegiatan. “Insya Allah kegiatan semacam ini, akan terus digaungkan untuk tahun-tahun berikutnya, bahkan kita usahan lebih dari satu kali dalam mengelar ivent ini khususnya dalam kegiatan kemanusiaan. Pungkasnya. (Ori).