Dukung Program KPH, Kelompok HR Lakukan Persemian 60 Ribu Bibit Sirsak
Cari Berita

Pasang iklan

 

Dukung Program KPH, Kelompok HR Lakukan Persemian 60 Ribu Bibit Sirsak

Rabu, 27 Juli 2022

GERBANGNTB COM
DOMPU. - Untuk mendukung Program Hijau dan bernilai ekonomis, KPH Toffo Pajo Soromandi. Kelompok Hutan Rakyat (HR) Desa Nowa, Kabupaten Dompu NTB. Lakukan Persemian bibit Sirsak (Garoso Mbojo), sebanyak 60 ribu bibit. 

Petugas lapangan KPH Toffo Pajo Soromandi, Syahrul Ramadhan saat dilokasi persiapan persemian bibit Sirsak tersebut, pada media ini. Pada Selasa (26/7/2022) siang, membenarkan, bahwa persiapan yang dilakukan oleh Kelompok HR Desa Nowa, untuk mendukung program Pemerintah melalui KPH Tufo Pajo Soromandi. Dengan tujuan untuk penghijauan diluar kawasan Hutan Rakyat. Selain, itu, lanjut Syahrul, asas manfaat lainnya, dapat mendongkrak ekonomi masyarakat. Sehingga tujuan pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat dapat tercapai, tuturnya. 
Menurut, Syahrul, ada 30 Kelompok yang sudah menjadi binaan pihaknya, namun karena dengan jumlah bibit sesuai alokasi anggaran KPH terbatas, sehingga nantinya hanya Lima Kelompok petani binaan yang mendapat bibit sirsak. "  Tahun ini memang jumlah pembibitan sangat terbatas, hal ini disesuaikan dengan Alokasi Anggaran, kendati demikian, lanjut syahrul, pihaknya akan terus berusaha untuk membantu masyarakat, dalam penyediaan bibit, Insya Allah, pemberian bantuan bibit seperti ini akan kita upayakan, secara berkelanjutan tiap tahun bagi kelompok masyarakat yang belum kebagian dalam penghijauan hutan rakyat, " katanya. 

Syahrul Ramdhan dalam kesempatan tersebut, mengatakan bahwa kehadiran dirinya selaku petugas, selain lakukan pembinaan Kelompok HR, sekaligus melatih masyarakat tentang teknis persemian bibit yang benar, sehingga bibit yang di hasilkan akan sangat bagus. 

Menurut, Syahrul, ada tiga jenis tanaman yang saat ini dilakukan persemian, selain sirsak, (garoso mbojo), juga ada bibit tambahan yang disemaikan, seperti bibit nangka serta pembibitan Jabon (sancari). " Bibit ini akan mulai di bagikan kepada petani pada masuk musim hujan, antara bulan 11-12 tahun 2022, sehingga, bibit yang ditanam akan tumbuh dengan baik," pungkasnya. (GN/*)