Cek Kesehatan Prajurit, Kodim 1615/Lotim Adakan Rikes
Cari Berita

Pasang iklan

 

Cek Kesehatan Prajurit, Kodim 1615/Lotim Adakan Rikes

Kamis, 10 Maret 2022

FOTO: Kodim 1615/Lotim Gelar Rikes Berkala. 

 GERBANGNTB COM
Lombok Timur - Ratusan personel Kodim 1615/Lotim melaksanakan pemeriksaan kesehatan (Rikes) berkala triwulan 1 tahun 2022 yang diselenggarakan di Aula Makodim jalan Prof. M. Yamin Selong, Kamis (10/3/2022).

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Denkesyah Mataram dipimpin Wadan Denkesyah Mayor Ckm Dwi Sisworo, S.KepNers. M.Kes., juga diikuti oleh personel Kompi Bantuan Yonif 742/SWY.

Terkait dengan itu, Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Amin Muhammad Said, SH., disela-sela kesibukannya mengatakan Rikes berkala ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kesehatan personel baik militer maupun PNS untuk mendukung tugas TNI AD khususnya Kodim 1615/Lotim.

Menurutnya, Rikes sangat bermanfaat bagi Prajurit dan PNS selain untuk mengetahui tingkat kesehatan juga untuk deteksi dini apabila ada indikasi penyakit sehingga dapat segera dilakukan tindakan preventif melalui pemeriksaan lebih lanjut dan pengobatan.

Amin juga menambahkan apabila ada keluhan tentang kesehatan baik personel itu sendiri maupun keluarga agar disampaikan kepada tim kesehatan sehingga dapat dilakukan upaya pemeriksaan dan penyembuhan secara medis.

Sedangkan Pasiminkes Denkesyah Mataram Lettu Ckm Bambang Trilaksana mengatakan program ini merupakan program satuan untuk memeriksa kesehatan para personel jajaran Korem 162/WB dan hari ini dilakukan di Kodim 1615/Lotim.

Dijelaskannya, pemeriksaan kesehatan ini untuk menentukan tingkat status kesehatan (Stakes) personel yang erat kaitannya dengan beban kerja yang akan diberikan kepada personel itu sendiri.

"Dari pemeriksaan kesehatan ini ditentukan Stakes personel mulai Stakes 1, 2, 3 atau 4," terang Bambang.

Selain itu, ia juga menyampaikan dalam Rikes ini meliputi pemeriksaan umum diantaranya pemeriksaan tinggi dan berat badan, tensi, gigi, interna, jantung/EKG, bedah, lab, THT dan lainnya.