Danramil Jajaran Kodim 1628/SB Diharapkan Bersinergi Siapkan Rumah Isolasi Terpadu Disetiap Kelurahan di Wilayah KSB
Cari Berita

Pasang iklan

 

Danramil Jajaran Kodim 1628/SB Diharapkan Bersinergi Siapkan Rumah Isolasi Terpadu Disetiap Kelurahan di Wilayah KSB

Selasa, 27 Juli 2021

GERBANGNTB COM
Sumbawa Barat - Sebagai bagian dari upaya percepatan penanganan Covid -19 Koramil Jajaran Kodim 1628/SB bersama stakeholder terkait menyiapkan tempat bale isolasi terpadu disetiap kelurahan diwilayah kabupaten sumbawa barat.

Hal tersebut disampaikan Dandim 1628/SB Letkol Czi. Sunardi ST., M.IP., dalam keterangan tertulisnya disumbawa barat selasa (27/7/2021).

Selain itu menurut  Dandim penyiapan dan pemindahan pasien yang isolasi mandiri ke rumah isolasi terpadu untuk menindak lanjuti Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S,Sos, SH,.M,Han., Serta surat edaran Gubernur Prov NTB Dr. Zulkieflimansyah, S.E., M.Sc. terkait penyiapan rumah isolasi terpadu sampai ketingkat kelurahan/desa termasuk diwilayah kabupaten Sumbawa Barat, Jelas Dandim.

Diungkap Dandim bawah rumah isolasi terpadu tersebut harus ada di masing-masing kecamatan hingga desa atau kelurahan sebagai tempat isolasi bagi warga yang terkena Covid-19 tanpa gejala, serta tidak beresiko  sehingga tidak ada lagi kontak dengan orang lain dengan harapan dapat membantu kesiapan tempat dirumah sakit akan terkonsetrasi menangani pasien dengan gejala serta beresiko manakala terjadi lonjakan pasien hal ini seperti kata "pepatah sedia payung sebelum hujan" serta dapat membantu tenaga kerja kesehatan namun tetap dalam pengawasan ketat satgas covid diwilayah masing masing, ungkapnya. 

Dengan demikian akan lebih mudah dalam pengawasan dan pemantauan oleh tenaga kesehatan maupun satgas covid lainya setiap  perkembangan kondisi pasien akan dapat terpantau dengan baik,”.sehingga dapat lebih efektif penanganannya, tandas Dandim.

Selain itu, orang nomor satu di jajaran Kodim 1628/SB itu juga memerintahkan Danramil dan para Babinsa terus bersinergi dengan Kapolsek dan babinkamtibmas untuk membantu Camat, Kades dan Lurah untuk menyiapkan dan menyediakan rumah isolasi terpadu lengkap dengan tenaga kesehatannya, koordinasikan dengan  Dinas Kesehatan terkait dengan tenaga kesehatan yang akan memantau rumah isolasi terpadu apabila ada warga atau pasien yang terpapar Covid-19,” katanya.

Sumber: Penerangan Kodim 162/WB