Pangdam IX/Udayana Tinjau Program Ketahanan Pangan Koramil 1614-02/Kempo
Cari Berita

Pasang iklan

 

Pangdam IX/Udayana Tinjau Program Ketahanan Pangan Koramil 1614-02/Kempo

Rabu, 28 April 2021

GERBANGNTB COM
Dompu - Pangdam IX Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dalam kunjungannya bersama rombongan ke Kodim 1614/Dompu menyempatkan diri untuk meninjau ketahanan pangan di Desa Ta'a Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu, Selasa (27/4/2021).

Dalam kunjungan tersebut, Pangdam IX/Udayana serta rombongan didampingi Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani dan Forkopimda Dompu meninjau ketahanan pangan berupa tanaman bawang di atas lahan seluas 1,6 hektar yang digarap Koramil 1614-02/Kempo, terletak di belakang Koramil terdiri dari 1 hektar milik masyarakat setempat dan 60 are milik Koramil terlihat tumbuh subur dan siap untuk dipanen.

Pangdam IX/Udayana dalam pengarahannya memberikan apresiasi kepada Dandim 1614/Dompu yang mampu berkiprah dalam peningkatan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 melalui pertanian.

"Capaian ini sudah bagus dan perlu ditingkatkan di masa yang akan datang sehingga kebutuhan pangan terutama di wilayah Kabupaten Dompu terpenuhi," ujarnya.

Kita ketahui bersama, lanjutnya, kebutuhan pangan ini tidak hanya di Indonesia namun masyarakat internasional juga terus merasa kekurangan sehingga ini menjadi hal pokok yang harus kita tangani bersama.

Menurut Jenderal Bintang Dua itu, hal mendasar yang menjadi permasalahan saat ini adalah pendistribusian pasca panen mulai dari petani hingga kepada konsumen.

"Ini yang harus diperhatikan sehingga petani tidak merasa kesulitan dalam pemasaran pasca panen," terang Pangdam.

Pangdam IX/Udayana juga akan mendukung upaya irigasi melalui Kodim 1614/Dompu dengan harapan bisa membantu para petani dalam meningkatkan hasil produksi pertanian dan perikanan sehingga harapan bangsa untuk mandiri pangan bisa terealisasi dengan baik.

Mengakhiri arahannya, Alumnus Akmil 1992 tersebut juga mendorong masyarakat untuk membuka lahan yang mereka miliki dengan menggunakan alat-alat yang ada baik di Kodim maupun di Dinas Pertanian sehingga biaya korsnya berkurang.

"Jika ingin buka lahan yang memang miliknya sendiri, nanti Kodim mengajak timnya bersama Dinas Pertanian untuk membantu alatnya sampai selesai sehingga petani termotivasi untuk menggarap lahannya," tutup menantu Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan penuh semangat.

Sedangkan Camat Kempo Lukman, BA., dalam sambutannya mengucapkan terimakasih dan rasa bangga atas kehadiran Pangdam IX/Udayana mengunjungi petani bawang di desa Kempo yang merupakan binaan Koramil 1614-02/Kempo.

Kita lihat bersama, lanjutnya, para petani bawang ini diharapkan dapat merubah ekonomi masyarakat Kempo. Untuk itu, ia berharap dukungan dan pendampingannya agar para petani di Kecamatan Kempo berhasil dan sukses di bidang pertanian.

Sumber: Penerangan Korem 162/WB