Pekerjaan Program Sanitasi Komunal Desa Nggembe Capai 30 Porsen
Cari Berita

Pasang iklan

 

Pekerjaan Program Sanitasi Komunal Desa Nggembe Capai 30 Porsen

Senin, 20 Juli 2020


Foto : Pembuatan sanitasi Desa Nggembe capaian 30 Porsen

GERBANGNEWS NTB
Bima. -  proses pekerjaan Sanitasi Komunal Desa Nggembe tahap Satu saat ini prosesnya sudah mencapai 30 Porsen. Ada Lima titik foto : sasaran program tersebut, yaitu ditempatkan dan disebar di wilayah Dusun se Desa Nggembe khususnya bagi lingkungan warga yang belum memiliki MCK pribadi, yaitu di wilayah Dusun Kore, Dusun Nggembe 1, Dusun Nggembe 2 dan Dusun Raba Buntu.

Program tersebut hadir seiring dihadapinya masalah Sanitasi dan pencemaran limbah lingkungan, Pemerintah Desa (Pemdes) Nggembe di tahun 2020. menjemput program Sanitasi Komunal tahun 2019. Program Sanitasi tersebut merupakan program bagian Visi Kepala Nggembe dalam menciptakan lingkungan bebas dari BAB sembarangan oleh masyarakat selama ini.

" Program tersebut sudah Dua minggu dikerjakan melalui Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM)  "NGGEMBE" Desa Nggembe, yang dalam tahapan pekerjaannya sudah rampung, pengalian lobang serta pengecoran. " Ungkap Sekdes Nggembe, Irfan S. Pd saat ditemui oleh Media ini di ruang kerjanya pada Senin (20/7) pagi.

Lanjut Sekdes, proses pekerjaan tersebut tahap Satu danbsaat ini pihaknya sedang menunggu proses pencairan dana lanjutan dari Dinas Perkim Kabupaten Bima.

" Sesuai dengan syarat pencarian program Sanitasi tersebut, pekerjaan tahap satu harus mencapai 30 Porsen, nah kita sudah melewatinya, tinggal menunggu pencairan tahap Dua untuk menyelesaikan program yang di maksud. Semoga saja dalam waktu yang tidak lama ini pihak terkait dalam hal ini Dinas Perkim dapat mencairkan anggaran sehingga program tersebut bisa kita lanjutkan penyelesaiannya. " Terang Sekdes.

Di hari yang sama Kades Nggembe, Yusuf Azis mengungkapkan bahwa Program Sanitasi Komunal hadir berkat kerja keras semua pihak dan alhamdulillah hadirnya program Sanitasi Komunal ini tidak mengunakan ADD sedikitpun. Kami harap program ini kedepannya Pemdes Nggembe dapat mendeklarasikan menuju Desa ODF. " Ungkap Kepala Desa Nggembe ini.

Menurut Kades, program tersebut merupakan  program yang bersumber dari anggaran DAU Khusus pusat tahun 2019 melalui Dinas Perkim Kab Bima. Adapun anggarannya kata Kades senilai Rp100 lebih juta dengan Lima titik sasaran. Tandas Kades. (GN01**)