Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima Gelar Diklat Akuntansi Koperasi Angkatan II Berbasis Teknologi
Cari Berita

Pasang iklan

 

Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima Gelar Diklat Akuntansi Koperasi Angkatan II Berbasis Teknologi

Senin, 19 Agustus 2019

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kab Bima saat berikan motivasi kepada para peserta Diklat.

GERBANGNTB.ID
Bima. - Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Koperasi, Usaha  Kecil dan Menengah (UKM) Kabupaten Bima kembali mengadakan Diklat Akuntansi Koperasi untuk angkatan II. Dan dibuka langsung oleh Asisten II Setda Bima Ir  H Nurdin bertempat di Aula Hotel Permata Kota Bima. Kegiatan ini sesuai agendanya akan dilakukan selama Lima (5) hari yang dimulai pada hari Senin ( 19/8) sampai dengan tanggal 23 Agustus 2019.

Kegiatan diikuti oleh 30 pengurus Koperasi yang berada di wilayah Kabupaten Bima dan dihadiri pula oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bima sekaligus selaku Nara Sumber kegiatan bersama dengan Kabid Kelembagaan Koperasi, A. Samad.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM, Iwan Setiawan, SE dalam laporan mengatkaan bahwa kegiatan diklat yang dilaksanakan tersebut dalam rangka meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) bagi para pengurus dan pengelola koperasi dalam menyajikan laporan keuangannya sehingga lebih baik, akurat dan akuntabel, berbasis akutansi tehnologi.

Sehingga lanjut dia para peserta akan menerima bekal pengetahuan, kemampuan, keterampilan, dan sikap kerja kepada para pengelola koperasi di wilayah Kabupaten Bim dapat ditingkatkan, terutama cara pemahaman pada sistem akuntansi berbasis Teknologi Informasi itu sendiri, ujarnya.

Dikatakan, dalam rangka membangun basis koperasi yang kuat dan profesional, maka koperasi harus dikelola secara profesional dan akuntabel, terutama dalam membuat laporan keuangan harus dapat disusun secara cepat dan akurat berbasis komputerisasi. "Kita ingin SDM yang mumpuni untuk mengelola koperasi dengan lebih baik dan benar, "terangnya.

Menurut Kepala Koperasi ini, Adapun materi yang disampaikan meliputi, pengantar koperasi, jati diri dan kelembagaan koperasi, analisis bukti transaksi, pencatatan pada buku jurnal, pengelompokan pada buku besar, laporan keuangan, perkenalan komputer akuntansi koperasi, dan praktik akuntansi koperasi berbasis Teknologi Informasi, ungkapnya.

Sebelumnya, Asisten II Setda Bima Ir. H.Nurdin dalam sambutanya mengatakan bahwa Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan Akuntansi bendahara koperasi dan pengurus dalam mengelola sebuah koperasi, sehingga arah dan tujuannya dalam rangka  mendorong koperasi agar menerapkan prinsip-prinsip koperasi dan kaidah bisnis yang sehat dalam melakukan usahanya.

Untuk itu melalui kegiatan pelatihan ini kata dia, diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM pengelola menuju Koperasi yang sehat, tangguh, dan mandiri. Ungkapnya.

Sambungnya, mengingat strategisnya peran koperasi sangat penting, diharapkan juga kepada para pengelola koperasi untuk selalu peka terhadap peluang pasar, peka terhadap perkembangan teknologi dan informasi sehingga keberadaan koperasi di Kabupaten Bima mampu bersaing dengan pencapaian target IPM Khususnya daya beli masyarakat dapat di capai sesuai harapan. Pungkasnya. (G. NTB/tim)